1.
Guru harus memahami
bahwa siswa bukan sebagai orang dewasa yang mudah dalam proses berpikirnya.
2.
Anak usia pra-sekolah
dan awal sekolah dasar belajar menggunakan benda-benda kongkret.
3.
Guru menuyusun materi
dengan menggunakan pola atau logika tertentu dari sederhana ke kompleks.
4.
Guru harus menciptakan
pembelajaran yang bermakna dan memperhatikan perbedaan individual siswa untuk
mencapai keberhasilan siswa.
5.
Guru hendaknya
memberikan rangsangan kepada peserta didik agar mau berinteraksi dengan
lingkungan secara aktif, mencari dan menemukan berbagai hal dari lingkungan.
Menurut
piaget, aplikasi teori kognitif dalam pembelajaran yaitu :
1.
Memusatkan perhatian
pada cara berpikir atau proses mental anak, tidak sekedar hasilnya. Guru harus
memahami proses yang digunakan anak sehingga sampai pada hasil tersebut.
Pengalaman-pengalaman belajar yang sesuai dikembangkan dengan memperhatikan
tahap fungsi kognitif dan jika guru penuh perhatian terhadap pendekatan yang
digunakan siswa untuk sampai pada kesimpulan tertentu, barulah dapat dikatakan
guru berada dalam posisi memberikan pengalaman yang dimaksud.
2.
Mengutamakan peran
siswa dalam berinisisiatif sendiri dan keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar. Dalam kelas,
pengajaran pengetahuan jadi (ready mode knowledge) anak didorong menentukan
sendiri pengetahuan itu melalui interaksi
sponta dengan lingkungan.
3.
Memaklumi akan adanya
perbedaan individual dalam hal kemajuan perkembangan. Teori Kognitif
mengasumsikan bahwa seluruh siswa tumbuh dan melewati urutan perkembangan yang
sama, namun pertunbuhan itu yang berlangsung pada kecepatan berbeda. Oleh
karena itu, guru harus melakukan upaya untuk mengatur aktivitas dalam kelas
yang terdiri dari individu-individu ke dalam kelompok-kelompok kecil siswa
daripada aktivitas dalam kelompok klasikal.
4.
Mengutamakan peran siswa
saling berinteraksi. Menurut piaget, pertukaran gagasan-gagasan tidak dapat
dihindari untuk perkembangan penalaran. Walaupun penalaran tidak dapat
diajarkan secara langsung, perkembangannya dapat disimulasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar